Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.558 views

Metode Shahih Pemilihan Pemimpin dalam Islam, Adakah?

 

Oleh : Djumriah Lina Johan*

Aksi menolak hasil penghitungan rekapitulasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) hingga kini masih berlanjut. Fakta euforia camut marut pemilu 2019 di seluruh Indonesia ini, dimulai dengan aksi damai di depan Bawaslu Jakarta di Jl. MH. Thamrin pada Senin 21 – 22 Mei yang berakhir ricuh karena terdapat perusuh bayaran hingga syahidnya 8 orang dan terdapat 737 korban luka-luka. (detiknews, 23/5/2019)

Disadur dari rmol.id, pada Rabu (22/5/2019) para ulama dan kiai ormas NU kultural se-Jawa Timur merasa prihatin atas korban berjatuhan dalam kerusuhan di Jakarta. “Kami berpandangan bahwa tragedi dan kegaduhan ini adalah akumulasi dari proses pelaksanaan pemilu yang diduga tidak memenuhi asas luber dan jurdil,” kata Kiai Ahmad.

Maka pantaslah penulis bertanya apakah benar demokrasi adalah jalan yang benar untuk melahirkan pemimpin yang bertanggung jawab, jujur, adil, dan kapabel untuk menjadi seorang pemimpin? Atau justru ada jalan lain yang dengannya mampu melahirkan bibit-bibit unggul calon pemimpin dunia akhirat sebagaimana firman Allah dalam surat Al Baqarah ayat 30:

“Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui".

Allah swt berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.” (TQS. An Nisa : 59)

Dalam terminologi ummat Islam, pemimpin tertinggi memiliki beberapa istilah penyebutan seperti imam, Khalifah, amir, dan ulil amri. Dalam Islam, pemimpin mengemban amanah dan tugas yang sangat strategis. Di samping sebagai pemimpin negara, ia juga menjadi pemimpin spiritual bagi rakyatnya. Sebab kebijakan negara atau politik harus mengacu pada ajaran agama. Negara dan agama tidak bisa dipisah-pisahkan. Keduanya harus berjalan seiring dan seirama.

Di dalam sebuah kitab berjudul Konsep Kepemimpinan Dalam Islam dengan judul asli Al Imamah Al ‘Uzhma ‘Inda Ahl as Sunnah wa al Jama’ah (1987) karya Prof. Dr. Abdullah Ad Dumaiji, seorang guru besar di Fakultas Dakwah dan Ushuluddin, Universitas Ummul Qura, Mekkah. Dipaparkan secara gamblang tentang seluk beluk pemimpin dalam Islam mulai dari hukum imamah, tujuan imamah, ahlul halli wal ‘aqdi, hak dan kewajiban imam, pemakzulan imam, dan lain sebagainya.

Pertama, definisi imamah. Al Allamah Ibnu Khaldun mendefinisikan Imamah adalah mengatur seluruh ummat berdasarkan pandangan syariat dalam mewujudkan maslahat-maslahat mereka, yang bersifat akhirat dan duniawi yang akan kembali kepada akhirat. Sebab, menurut syari’ (pembuat syariat), penilaian atas semua permasalahan dunia dikembalikan pada maslahat-maslahat akhirat. Pada hakikatnya, ia (imamah) adalah pengganti dari pemilik syariat dalam menjaga agama dan menata dunia dengan agama.

Terkait penyebutannya, Imam An Nawawi menjelaskan, “Seorang imam boleh disebut Khalifah, imam, dan amirul mukminin”. Disebut imam karena menaatinya adalah kewajiban. Alasan lainnya karena ummat mengikuti di belakangnya sebagaimana ummat shalat di belakang seorang iamam yang mengimami mereka. Para Khalifah adalah orang yang menjadi imam shalat, khususnya shalat berjamaah dan shalat ‘id.

Kedua, kewajiban mengangkat imam. Mayoritas kaum muslimin menyepakati mengangkat seorang imam. Dalilnya terdapat di dalam al qur’an, as sunnah, ‘ijma, maupun kaidah syar’i.

Dalil al qur’an, yaitu QS. An Nisa ayat 59, Al Maidah ayat 48-49, Al Hadid ayat 25, dan seluruh ayat tentang hudud, qishas, dan hukum-hukum lain yang pelaksanaannya mengharuskan adanya seorang imam.

Dalil as sunnah, yaitu hadits riwayat Abdullah bin Umar dari Nabi saw, beliau bersabda, “Siapa saja yang meninggal dunia sementara di lehernya tidak ada baiat, maka ia mati seperti mati jahiliyah.”

Hadits lain yaitu hadits riwayat Abu Umamah Al Bahili, dari Nabi saw, beliau bersabda, “Sungguh, tali Islam akan terburai seutas demi seutas. Setiap kali seutas tali terburai, orang-orang berpegangan pada tali berikutnya. Tali yang pertama kali terburai adalah kekuasaan, dan tali terakhir adalah shalat.”

Dan masih banyak lagi dalil as sunnah yang lain tentang kewajiban mengangkat imam.

Ketiga, tujuan imamah. Tujuan imamah ialah menegakkan perintah Allah swt di muka bumi sesuai yang Allah syariatkan dan amar makruf nahi munkar. (QS. Al Hajj : 41)

Keempat, sistem pengukuhan imamah. Ketika mengamati nash-nash al qur’an dan as sunnah, kita tidak akan mendapati adanya penjelasan secara sharih (tegas) sostem untuk menetapkan imamah bagi seorang imam. Oleh karena itu, sistem pengukuhan syar’i dapat ditelusuri dari pengangkatan Khulafaur Rasyidin.

Kelima, metode pengangkatan imamah. Pemilihan imam dilakukan oleh ahlul halli wal ‘aqdi. Ahlul halli wal ‘aqdi adalah sekelompok orang dengan tingkatan tertentu dalam agama, akhlak, pengetahuan akan kondisi masyarakat, dan memiliki kecakapan mengatur segala persoalan. Sebagian ulama mendefinisikan ahlul halli wal ‘aqdi sebagai ulama, pemimpin, para tokoh yang mudah berkumpul.

Syarat-syarat ahlul halli wal ‘aqdi ada dua, yaitu syarat umum dan syarat khusus. Syarat umum meliputi beragama Islam, berakal, laki-laki, dan merdeka. Syarat khusus meliputi adil, berilmu, memiliki pandangan lurus dan bijaksana.

Tugas ahlul halli wal ‘aqdi ada dua. Pertama, memilih dan membaiat Khalifah. Kedua, menyeleksi para calon yang diajukan untuk memegang imamah.

Keenam, baiat. Baiat adalah janji yang diberikan kepada orang yang berbaiat untuk mendengar dan taat kepada amir dalam segala hal di luar kemaksiatan, baik saat giat ataupun segan, saat susah maupun senang, tidak merebut kekuasaan dari tangan amir dan menyerahkan segala urusan kepadanya.

Pihak yang berwenang mengambil baiat kaum muslimin adalah imam di tengah-tengah daulah Islam. Tata cara baiat, yaitu dengan berjabat tangan dan ucapan, ucapan saja, dan tulisan. Baiat ada dua macam, yaitu baiat pengukuhan dan baiat ketaatan (baiat massal).

Ketujuh, syarat-syarat imam. Syarat in’iqad (syarat legal), yaitu muslim, laki-laki, baligh, berakal, adil, merdeka, dan mampu. Syarat afdhaliyyah (syarat utama), yaitu keturunan Quraisy, mujtahid, ahli menggunakan senjata, dan lainnya.

Demikianlah konsep kepemimpinan dalam Islam. Sederhana, murah (low budget), dan mudah. Sangat berkebalikan dengan pemilu dalam sistem demokrasi. Oleh karena itu, tidakkah anda menginginkan konsep kepemimpinan ini? Wallahu a’lam bi ash shawab. (rf/voa-islam.com)

Penulis adalah Praktisi Pendidikan dan Aktifis Muslimah.

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Lahir Prematur, Anak Ustadz Pesantren Kritis di Rumah Sakit. Ayo Bantu.!!!

Lahir Prematur, Anak Ustadz Pesantren Kritis di Rumah Sakit. Ayo Bantu.!!!

Sudah 6 hari Kamilah tergolek kritis di rumah sakit. Terlahir prematur nafasnya terganggu, paru-paru belum sempurna, dan infeksi darah. Ustadz Fadhil, sang ayah adalah guru pesantren dan aktivis...

IDC Tuntas Bangun Mushalla Korban Gempa Banjarnegara, Donasi 74 Juta Rupiah Sudah Disalurkan

IDC Tuntas Bangun Mushalla Korban Gempa Banjarnegara, Donasi 74 Juta Rupiah Sudah Disalurkan

Alhamdulillah... Mushalla Al-Muhaimin Kasinoman korban gempa Banjarnegara, kembali berdiri dengan gagah setelah dibangun dari program Wakaf IDC sebesar 74 juta rupiah...

Nasruddin, Remaja Yatim Kritis Dibacok Preman Tak Dikenal. Ayo Bantu.!!!

Nasruddin, Remaja Yatim Kritis Dibacok Preman Tak Dikenal. Ayo Bantu.!!!

Anak yatim ini kritis tak sadarkan diri dibacok preman tak dikenal saat bekerja sebagai penjaga warnet. Tubuhnya terkapar tak sadarkan diri, bersimbah darah terluka parah di bagian leher, punggung,...

Sopir Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Magelang Digerogoti Tumor Usus. Ayo Bantu..!!

Sopir Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Magelang Digerogoti Tumor Usus. Ayo Bantu..!!

Mantan preman yang jadi sopir pesantren ini tak bisa lagi mengantar jemput santri, para guru dan ustadz pesantren. Menderita tumor usus stadium 4, ia butuh biaya transport dan obat-obatan kemoterapi....

Terancam Roboh, Mushalla Al-Fatihah Butuh Renovasi Total. Ayo Bantu Sedekah Jariyah.!!!

Terancam Roboh, Mushalla Al-Fatihah Butuh Renovasi Total. Ayo Bantu Sedekah Jariyah.!!!

Kondisi mushalla di pelosok Tasikmalaya ini sangat memprihatinkan, reyot dan tidak layak. Dihantam longsor, rusakanya semakin parah dan terancam roboh. Dibutuhkan dana 55 juta rupiah untuk renovasi...

Latest News
Himi Persis Luncurkan Buku Muslimah on Fire pada Pembukaan Muktamar ke IX

Himi Persis Luncurkan Buku Muslimah on Fire pada Pembukaan Muktamar ke IX

Ahad, 25 Aug 2019 01:48

Kesultanan Papua Bagian dari Kesultanan Melayu Raya

Kesultanan Papua Bagian dari Kesultanan Melayu Raya

Ahad, 25 Aug 2019 00:20

Benarkah Indonesia Bebas dari Penjajahan?

Benarkah Indonesia Bebas dari Penjajahan?

Sabtu, 24 Aug 2019 23:58

Turki Luncurkan Operasi Militer 'Claw 3' di Irak Utara

Turki Luncurkan Operasi Militer 'Claw 3' di Irak Utara

Sabtu, 24 Aug 2019 23:57

[VIDEO] Oktober 2019, Barang Gunaan di Indonesia Wajib Sertifikasi Halal

[VIDEO] Oktober 2019, Barang Gunaan di Indonesia Wajib Sertifikasi Halal

Sabtu, 24 Aug 2019 22:52

Facebook akan Pekerjakan Beberapa Jurnalis Amerika untuk Mengkurasi Berita Global

Facebook akan Pekerjakan Beberapa Jurnalis Amerika untuk Mengkurasi Berita Global

Sabtu, 24 Aug 2019 22:48

Dokter AS Sebut Rokok Elektrik Akibatkan Kematian karena Penyakit Paru-paru

Dokter AS Sebut Rokok Elektrik Akibatkan Kematian karena Penyakit Paru-paru

Sabtu, 24 Aug 2019 22:05

Maroko Tuduh UEA Berikan Dukungan Kepada Pemberontak Sahara Barat

Maroko Tuduh UEA Berikan Dukungan Kepada Pemberontak Sahara Barat

Sabtu, 24 Aug 2019 21:45

Kebijakan Impor Ala Keran Bocor

Kebijakan Impor Ala Keran Bocor

Sabtu, 24 Aug 2019 21:39

Teknologi 'Artificial Intelligence' Tempatkan Dunia dalam Bahaya

Teknologi 'Artificial Intelligence' Tempatkan Dunia dalam Bahaya

Sabtu, 24 Aug 2019 21:30

17 Anggota Pasukan Haftar Menyerahkan Diri ke Pemerintah Tripoli

17 Anggota Pasukan Haftar Menyerahkan Diri ke Pemerintah Tripoli

Sabtu, 24 Aug 2019 21:15

Pemukim Ilegal Yahudi Timpuki Mobil-mobil Palestina dengan Batu di Hebron dan Nablus

Pemukim Ilegal Yahudi Timpuki Mobil-mobil Palestina dengan Batu di Hebron dan Nablus

Sabtu, 24 Aug 2019 20:45

LSM di Turki Memprotes Langkah India Terhadap Kashmir

LSM di Turki Memprotes Langkah India Terhadap Kashmir

Sabtu, 24 Aug 2019 20:38

Membangun Militansi Indonesia

Membangun Militansi Indonesia

Sabtu, 24 Aug 2019 20:32

Pengacara Presiden Terguling Sudan Minta Pembebasan Omar Al-Bashir dengan Jaminan

Pengacara Presiden Terguling Sudan Minta Pembebasan Omar Al-Bashir dengan Jaminan

Sabtu, 24 Aug 2019 20:15

PBB: Lebih dari 45 Ribu Pengungsi Memasuki Eropa pada 2019

PBB: Lebih dari 45 Ribu Pengungsi Memasuki Eropa pada 2019

Sabtu, 24 Aug 2019 20:10

Masalah Menumpuk, Fahri: Lebih Baik Istana Diblokir

Masalah Menumpuk, Fahri: Lebih Baik Istana Diblokir

Sabtu, 24 Aug 2019 19:31

PW PII Jawa Barat Audiensi dengan Dinas Pendidikan

PW PII Jawa Barat Audiensi dengan Dinas Pendidikan

Sabtu, 24 Aug 2019 19:23

Muslim Moro Resmi Punya Bendera Sendiri

Muslim Moro Resmi Punya Bendera Sendiri

Sabtu, 24 Aug 2019 19:03

Pakistan Kembali Minta PBB Intervensi Kasus Kashmir

Pakistan Kembali Minta PBB Intervensi Kasus Kashmir

Sabtu, 24 Aug 2019 18:57


Gamis Syari Cantik Murah Terbaru

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X