Portal Berita Islam Nasional

Cara Mengatasi Mata Merah Secara Alami: Simak 7 Langkahnya

Infeksi mata merupakan kondisi sebagai akibat dari rasa tidak nyaman dan rasa sakit pada indra penglihatan. Simak berbagai cara mengatasi mata merah secara alami sehingga mata bisa kembali terasa nyaman. Sebab, jika tidak ditangani dengan baik karena kondisi mata akan menjadi lebih serius.

7 Cara Mengatasi Mata Merah

Ada beberapa cara mengatasi mata merah yang efektif sehingga gejala akan mereda. Meskipun pengobatan dilakukan di rumah akan lebih baik jika Anda juga menghubungi dokter. 

Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi iritasi mata yang menyebabkan kemerahan, antara lain:

Menggunakan Air Garam

Air garam merupakan salah satu pengobatan rumahan yang dinilai efektif untuk mengatasi infeksi mata. Pada dasarnya garam memiliki sifat antimikroba. 

Oleh karena itu, masuk akal bahwa garam bisa mengobati infeksi mata secara efektif. Namun, perlu Anda ingat untuk air garam khusus mata atau cairan Saline steril tersedia di apotek.

Kantong Teh

Cara selanjutnya yaitu menempelkan kantong teh dingin di bagian mata. Pastikan mata Anda tertutup dengan posisi santai pada saat menempelkannya. Beberapa orang telah merasakan keefektifan cara ini. 

Beberapa teh memiliki sifat anti inflamasi sehingga memberikan efek menenangkan. Anda bisa memilih jenis teh misalnya teh hijau, teh Chamomile dan teh hitam.

Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan kantong teh untuk mengurangi pembengkakan yang biasa terjadi seiring infeksi mata.

Kompres Air Hangat

Mengompres mata yang sedang sakit atau terinfeksi bisa menggunakan air hangat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengompres mata dengan air hangat akan membantu penderita Blepharitis. Blepharitis sendiri merupakan kondisi di mana kelopak mata menjadi meradang dan mengeluarkan kotoran.

Selain itu kondisi bintitan karena terjadinya penyumbatan juga bisa diatasi dengan kompres air hangat. Sehingga kondisi mata kering akan lebih ringan. Namun, penting juga memperhatikan bagaimana cara yang tepat untuk mengompresnya dengan air hangat.

Simak tips membuat kompres dengan air hangat berikut ini:

  • Rendamlah kain terlebih dahulu ke dalam air hangat, lalu tempelkan dengan lembut ke mata.
  • Pastikan Anda menggunakan kain yang bersih sehingga mata tidak akan terkena kuman.

Kompres Air Dingin

Mengompres dengan air dingin juga bisa meredakan iritasi mata maupun pembengkakan di mata. Namun, Anda perlu tahu langkah-langkah yang benar melakukannya, antara lain:

  • Rendamlah kain untuk mengompres ke dalam air dingin.
  • Selain itu, Anda bisa mendinginkan kain basah di dalam kantong plastik yang ditutup beberapa menit.
  • Jangan menekan mata kuat-kuat. Selain itu, juga jangan meletakkan es langsung di mata agar tidak menimbulkan masalah lain.

Cuci Perlengkapan Pribadi

Cara selanjutnya yaitu cucilah handuk dan sarung bantal setiap hari selama Anda mengalami masa infeksi mata. Benda-benda yang bersentuhan dengan mata yang terinfeksi akan menyebabkan infeksi ke orang lain.

Selanjutnya Anda bisa menggunakan air panas dan deterjen untuk membunuh bakteri yang ada di perlengkapan atau peralatan pribadi.

Singkirkan Makeup

Sebaiknya penting untuk tidak berbagi make up mata dengan orang lain. Hal ini untuk menghindari hal-hal seperti infeksi mata yang gampang menular menular. Saat Anda mengalami infeksi mata sebaiknya tidak menggunakan make up untuk mata agar tidak memperparah.

Gunakan Obat Tetes Mata

Selanjutnya, anda bisa menggunakan obat tetes mata untuk meredakan iritasi. Obat tetes mata akan membantu Anda meringankan gejala sakit mata.

Berbagai cara mengatasi mata merah bisa Anda coba. Memilih bahan-bahan yang alami juga banyak membantu meringankan iritasi mata. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.