Portal Berita Islam Nasional

Fasilitas-fasilitas yang Disediakan Oleh Pondok Pesantren di Bandung – Al-Ma’soem

Salah satu pesantren di bandung yang cukup populer dan dikenal banyak masyarakat adalah Al-Ma’soem. Pondok pesantren Al-Ma’soem itu sendiri merupakan sebuah pondok yang cukup terkenal tepatnya di bandung jawa barat.

Ini juga merupakan pondok pesantren di bandung yang memiliki banyak santri, bahkan ada ribuan santri yang mengabdi, dimana para santri tersebut datang dari berbagai daerah yang berbeda-beda.

Pada kesempatan ini kami akan mengulas informasi mengenai fasilitas yang ada di pondok Al-Ma’soem. Untuk anda yang penasaran, simak ulasan dibawah ini !

Fasilitas-fasilitas yang Disediakan Oleh Al-Ma’soem

1. Adanya Lemari Pakaian yang Sudah Tersedia

Salah satu fasilitas yang akan anda dapatkan jika mondok di pesantren Al-Ma’soem di bandung adalah adanya lemari pakaian yang sudah tersedia. Di pesantren tersebut sudah disediakan lemari yang bagus dan sangat layak untuk dipakai, ada lebih dari satu lemari besar di setiap kamar.

Yang mana 1 lemari tersebut mampu menampung pakaian 4 orang santri sekaligus. Dengan begitu anda tidak perlu repot-repot menyewa mobil pick up saat keberangkatan untuk membawa lemari susun. Sehingga, anda hanya perlu membawa pakaian dan kebutuhan lainnya yang masih tidak disediakan oleh asrama pesantren tersebut.

2. Tersedia Ranjang Tingkat yang Dibuat dengan Bahan Besi

Fasilitas selanjutnya yang akan anda dapatkan jika mondok di pesantren Al-Ma’soem di bandung adalah tersedianya ranjang tingkat yang dibuat dengan bahan besi. Fasilitas yang diberikan tersebut tidak seperti kebanyakan pesantren lain yang tidurnya berjejeran di bawah dengan alas seadanya dan kasurnya tipis.

Tersedia dua buah ranjang tingkat untuk setiap kamarnya, dan kasurnya pun empuk jadi nyaman dan nyenyak untuk tidur. Anda juga bisa mengganti spreinya dengan sprei kesukaan anda. Selain itu bahan yang digunakan untuk ranjang tersebut kuat, sehingga anda tidak perlu khawatir karena ranjangnya aman.

Tersedianya fasilitas untuk tidur yang lengkap seperti ranjang, kasur, dan bantal pasti akan lebih memudahkan anda dalam merapkan dan membersihkannya. Anda tidak perlu menggulung kasur atau hal lainnya untuk membereskan tempat tidur tersebut.

3. Adanya Wastafel di Dalam Kamar

Kelebihan ini ada pada fasilitas di pesantren putri yaitu adanya wastafel di dalam kamar mandi dan disertai dengan adanya cermin di bagian bawahnya. Memang kelihatannya fasilitas ini sangat sederhana, akan tetapi fasilitas yang sederhana ini memiliki fungsi yang cukup banyak.

Salah satu fungsi adanya wasrefel di kamar yaitu para santi bisa cuci muka, cuci tangan, sikat gigi, bahkan bisa untuk mencuci barang-barang kecil lainya tanpa perlu repot lagi keluar kamar. Hal itu mungkin kelihatannya sangat sederhana, akan tetapi nyatanya kegiatan-kegitan seperti itu sering dilakukan oleh para santri.

Apalagi di tambah dengan adanya cermin, pasti akan sangat membantu santri putri untuk memastikan penampilannya agar tetap rapi. Dengan begitu para santri tidak perlu membawa cermin lagi dari rumah pribadi masing-masing, karena pihak asrama sudah menyediakannya. Tentunya dengan adanya fasilitas-fasilitas tersebut bisa membuat para santri merasa nyaman dan betah mondok di pesantren Al-Ma’soem.

 

Nah itulah pembahasan yang dapat dijelaskan dalam artikel kali ini mengenai pondok pesantren Al-Ma’some yang ada di kota bandung tepatnya di jawa barat. Bagi anda yang ingin menempuh pendidikan dipesantren, Al-Ma’some merupakan tempat yang cocok, dan semoga pembahasan ini bisa bermanfaat untuk pembaca.

 

Exit mobile version