Menjajal Performa Sharp Aquos Sense4 Plus, Smartphone Menengah Harga Rp 4 Jutaan

Sharp Indonesia baru baru ini merilis smartphone untuk segmen menengah harga Rp 4 jutaan untuk pasar Indonesia, Aquos Sense4 Plus. Kami berkesempatan menjajal performa smartphone ini pekan lalu. Pertama kali membuka kemasannya, saya merasakan aura kemewahan pada smartphone ini. Bodi belakangnya terasa glossy saat disentuh tangan, memberikan efek mirroring layaknya cermin.

Smartphone ini sudah dilengkapi sensor sidik jari dengan empat kamera belakang yang dilengkapi housing berbentuk persegi. Ini mengingatkan kami desain housing pada smartphone flagship Samsung, Galaxy S20 Ultra. Bedanya, lampu flash ditempatkan terpisah menyebelah. Informasi spesifikasi Sharp Aquos Sense4 Plus pada boks kemasan.

Warna bodi belakangnya menampilkan gradasi dari warna hitam di area atas ke warna yang lebih tipis, cenderung ke warna abu abu. Ini membuat Aquos Sense4 Plus terlihat unik dan beda dari smartphone kompetitornya. Hal menarik lain yang kami temukan pada bodi smartphone ini adalah adanya tekukan atau lekukan ke dalam pada bagian dinding samping smartphone. Kamera belakang Sharp Aquos Sense4 Plus dengan sensor sidik jari di bagian bawahnya.

Lekukan ini merata pada bagian samping kiri kanan hingga atas dan bawah. Ini membuat cangkang bodi smartphone ini terasa lebih berkarater dan kekar. Lubang tray untuk nano SIM card dan microSD ditempatkan di bagian samping kiri atas bodi smartphone. Sepasang kamera depan ditempatkan dalam punch hole yang cukup unik, saling menyebelah pada bagian atas layar.

Pada bagian bodi bawah terdapat lubang untuk earpiece/speaker dan lampu indikator pengisian baterai, konektor USB tipe C serta microphone. Lubang untuk earphone jack berukuran 3.5 mm ditempatkan di bagian atas layar. Tombol volume ditempatkan di sisi bodi samping kanan. Bodi Sharp Aquos Sense4 Plus cukup tipis dengan cekungan pada lekukan bodi samping yang membuatnya memiliki desain unik dan membuat lebih erat saat digenggam.

Aquos Sense4 Plus sudah menyediakan tombol untuk Google Assistan saat dibutuhkan untuk digunakan dalam waktu cepat pada bagian sisi bodi kanan di bawah tombol volume. Di bawahnya lagi adalah tombol Power. Yang tak boleh dilewatkan adalah hadirnya fitur NFC yang sensornya ditempatkan di bagian punggung/bodi belakang smartphone. Fitur Pengaman

Sharp Aquos Sense4 Plus dilengkapi dengan fitur keamanan seperti fitur otentifikasi fajar dan finger print untuk mencegah penyalahgunaan smartphone ini oleh yang tidak berhak. Fitur pengaman lainnya yang bisa dipilih adalah pattern dan password. Sharp Aquos Sense4 Plus dibekali dengan layar berukuran 6.7 inch FHD+ menggunakan panel indium galium zinc oxide (IGZO) dengan refresh rate 90Hz.

Dimensi bodinya 166x78x8.8 mm dengan bobot sekitar 196 gram. Layar Sharp Aquos Sense4 Plus berukuran 6.7 inch FHD+. Untuk urusan imaging, Aquos Sense4 dibekali 4 kamera belakang, yakni kamera utama dengan resolusi 48 megapiksel, dan 3 kamera pendukung masing masing dengan resolusi 5 MP, 1.9 MP dan 1.9 MP. Kamera ganda di bagian depan memiliki resolusi 8 MP dan 1.9 MP. Sudah sangat memadai untuk kebutuhan selfie atau video vlogging.

Kapasitas penyimpanannya mencapai 128 Gb dengan RAM 8 Gb. Kapasitas penyimpanan dan RAM yang jumbo ini sangat mendukung kebutuhan penggunanya yang gemar membuat konten foto dan video untuk dibagikan ke media sosial. Selain itu 128 GB ROM dan 8 GB RAM juga mendukung minat penggunanya untuk memainkan game game seru yang memiliki kualifikasi berat maupun untuk menyimak tayangan streaming.

Ini lantaran smartphone ini sudah didukung prosesor Snapdragon 720G dari Qualcomm. Aquos Sense4 Plus akan menampilkan mode Gaming UI yang akan menyala saat digunakan bermain game. Sejauh ini, ketika digunakan untuk memainkan game populer seperti Mobile Legends dan PUBG serta Free Fire, masih tetap mengasyikkan, meskipun game game ini dimaikan dengan settingan resolusi paling tinggi. Kapasitas Baterai

Kapasitas ROM dan RAM yang besar ini diimbangi dengan kapasitas baterai 4.120 mAh oleh Aquos Sense4 Plus. Kapasitas baterai sebesar ini memang bukan yang terbesar, karena kompetitornya berani menawarkan kapasitas baterai hingga 5.000 mAh bahkan lebih. Namun, jika dipakai untuk bermain game seharian rasanya perlu mengisi ulang. Namun untuk sekedar aktivitas harian normal, dukungan baterai 4.120 mAh ini sudah lebih dari cukup.

Asyik Buat Motret dan Rekam Video Sharp Aquos Sense4 Plus menawarkan pengalaman baru yang memanjakan siapa saja yang gemar memotret dan merekam video. Smartphone ini dilengkapi fitur Focus Replay. Fitur ini mampu merekam objek gambar dengan zooming yang terotomatisasi.

Pengguna juga bisa mengkustomisasi zoom ini pada objek tertentu yang dikehendaki dan menyimpannya menjadi sebuah rekaman video yang menarik. Aquos Sense4 Plus juga sudah dibekali fitur AI Live Shutter yang membuat penggunanya bisa secara simultan me replay sebuah rekaman video sementara pada saat yang sama pengguna masih melakukan penelusuran gambar yang diambil. Aquos Sense4 Plus juga sudah dibekali teknologi kecerdasan buatan untuk mengedit video dengan menyelipkan zoom ins, dan membuat penggalan penggalan adegan yang bisa dirangkai menjadi sebuah film pendek layaknya karya video maker profesional.

Kesimpulan: Sharp Aquos Sense4 Plus layak dimiliki oleh mereka yang memiliki budget tidak terlalu besar, namun menginginkan smartphone dengan fitur fitur mumpuni. Smartphone ini cocok untuk anak muda yang gemar membuat konten foto dan video untuk dibagikan di media sosial dan mendukung kebutuhan bermain game yang tidak terlalu berat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *