Pengertian Bunga Majemuk dan Bunga Tunggal

Anda yang  terbiasa dengan investasi tentu saja tidak  asing dengan salah satu  istilah pada  investasi, yaitu  bunga majemuk dan bunga tunggal.  Dalam dunia investasi memang dikenal dua macam bunga, yang tentu saja memiliki perbedaan dalam pengelolaanya. Apa saja perbedaanya? Silahkan simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Bunga

Bunga ( Interest – Eng) adalah keuntungan yang diperoleh  investor  atas dana yang diinvestasikannya melalui instrumen tertentu.  Perhitungan bunga yang diperolehnya sama dengan pinjaman, yaitu dinyatakan dalam persen.

Bunga Majemuk

Bunga majemuk adalah bunga atau hasil dari investasi yang besarnya akan mucul di setiap akhir periode investasi. Bunga ini  akan mempengaruhi  besarnya modal awal dan bunga yang akan timbul  selanjutnya,  Besarnya modal dan bunga akan berubah   mengikuti  bunga yang dihasilkan pada periode tersebut. Karena itu, orang sering juga mengatakan bahwa bunga majemuk adalah  “bunga berbunga”.

Rumus Bunga Majemuk

Terdapat rumus tertentu untuk mendapatkan  bunga majemuk.

Dengan melihat rumus yang ada, maka Anda  harus mengetahui besarnya modal awal , besarnya persentase bunga  pada investasi serta lamanya   periode investasi.

Bunga Tunggal

Lain dengan bunga majemuk, besaran bunga tunggal tidak mempengaruhi modal awal dan  besarannya  bersifat tetap. Bunga ini hanya dihitung pada jumlah modal awal yang disetor pada periode awal investasi.

Rumus Bunga Tunggal

Besaran bunga tunggal akan didapatkan saat  mengalikan  besarnya bunga yang  diperoleh pada  periode investasi tertentu dengan lamanya   investasi.

 

Perbedaan Bunga Majemuk dan Bunga Tunggal

Terdapat perbedaan yang  jelas pada  dua jenis  bunga ini,  yaitu  besarnya   modal disetor pada periode investasi  selanjutnya.

Pada investasi dengan  bunga majemuk, maka modal awal pada  periode berikutnya akan sama dengan  jumlah modal awal ditambah bunga yang didapatkan pada periode sebelumnya.

Pada investasi dengan bunga  tunggal,  modal awal yang disetor pada periode berikutnya akan sama dengan  modal awal pada awal periode sebelumnya.

 

Dari penjelasan yang ada, tentu saja Anda akan melihat bahwa investasi dengan  bunga majemuk akan lebih menguntungkan daripada dengan bunga tunggal. Anda dapat  mempertimbangkan instrumen investasi apa yang dapat memberikan keuntungan dalam bentuk bunga majemuk. Investasi aset crypto dapat Anda  pertimbangkan.

 

 

Previous Article
Next Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *