Portal Berita Islam Nasional
Bisnis  

Perlu Gak Sih UMKM Punya Pembukuan?

aplikasi POS

Banyak orang yang mengira bahwa UMKM hanyalah bisnis rumahan, sehingga gak perlu pencatatan yang detail seperti layaknya usaha berskala besar. Meskipun, sudah banyak juga yang memahami pentingnya pencatatan, terutama berkaitan dengan keuangan. Bahkan, para pelaku UMKM ini banyak juga yang memanfaatkan aplikasi POS untuk membantu pencatatan tersebut agar lebih mudah.

Namun, sebenarnya perlu gak sih pencatatan keuangan atau pembukuan dilakukan oleh UMKM? Cari tahu jawabannya, yuk!

Apa Itu Pembukuan?

Dilansir dari situs sobatpajak.com, mengacu pada UU No. 28 Tahun 2007 Pasal 28, pembukuan adalah suatu proses pencatatan yang dilakukan secara teratur untuk mengumpulkan data dan informasi keuangan yang meliputi harta, kewajiban, modal, penghasilan dan biaya, serta jumlah harga perolehan dan penyerahan barang atau jasa, yang ditutup dengan menyusun laporan keuangan berupa neraca, dan laporan laba rugi untuk periode Tahun Pajak tersebut.

Jadi, secara sederhananya pembukuan adalah laporan keuangan secara lengkap dari sebuah usaha. Selama ini banyak orang menganggap bahwa UMKM hanyalah usaha kecil, sehingga pembukuan tidak begitu diperlukan. Padahal, tahukah kamu berapa batas omset sebuah usaha yang dikatakan sebagai UMKM? Sebenarnya jumlahnya tidak sedikit, lho, yaitu:

  • Usaha Mikro: Jumlah aset maksimal Rp.50.000.000 dan omzet maksimal Rp.300.000.000
  • Usaha Kecil: Jumlah aset >Rp.50.000.000 – Rp. 500.000.000 dan omzet >Rp.300.000.000 – Rp.2.500.000.000
  • Usaha Menengah: Jumlah aset >Rp.500.000.000 – Rp. 10.000.000.000 dan omzet >Rp.2.500.000.000 – Rp.50.000.000.000.

Dari informasi di atas sudah jelas, bahwa aset maupun omzet UMKM tidaklah sedikit, bahkan menyentuh angka miliaran. Itulah mengapa, pembukuan untuk UMKM juga sangat dibutuhkan.

Pentingnya Pembukuan Bagi UMKM

Jika kamu seorang pemilik UMKM dan masih merasa ragu, seberapa penting sih membuat pembukuan? Berikut ini adalah beberapa keuntungan serta alasan mengapa kamu harus membuat pembukuan rutin.

  • Bisa memantau kondisi keuangan

Bagaimana status keuangan usahamu saat ini akan bisa terlihat secara jelas dalam pembukuan. Misalnya, bisa saja kamu mendapat banyak pemasukan, sehingga merasa usahamu berhasil. Namun, ternyata pemasukan tersebut habis untuk biaya operasional serta produksi. Dengan adanya pembukuan, kamu bisa lebih mudah memantau situasi keuangan usahamu tersebut.

  • Mengoptimalkan biaya

Dalam aktivitas usaha, pasti akan ada banyak biaya yang dikeluarkan. Terkadang, ada hal yang membuat biaya ini menjadi tidak terkontrol dan lebih tinggi dari yang seharusnya. Dengan adanya pembukuan, kamu bisa lebih mudah menganalisa biaya yang kamu keluarkan dan menemukan jika memang ada masalah di dalamnya.

  • Memudahkan pengajuan pinjaman

Salah satu cara paling cepat mendapatkan tambahan modal adalah dengan mengajukan pinjaman. Dengan adanya pembukuan yang tertata sejak awal usaha, pihak kreditur akan lebih mudah menganalisa kondisi keuanganmu, untuk memastikan apakah kamu layak diberi pinjaman atau tidak?

  • Mencegah adanya kecurangan

Pembukuan bisa menjadi cara ampuh untuk mencegah terjadinya kecurangan dalam hal keuangan. Sebab, akan ada keterangan lengkap siapa saja pihak yang menerima dan mengeluarkan uang, sehingga akan lebih mudah mengetahui ketika terjadi ketidak beresan.

Sudah tahu kan betapa pentingnya pembukuan untuk menunjang usahamu? Jadi, jangan mengabaikannya, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *