Tips Belajar Al Quran Untuk Pemula

Sebagai seorang muslim, membaca Al-quran adalah sebuah ilmu yang wajib di miliki oleh orang-orang yang taat pada agamanya. Dengan membaca Al-Quran, anda bisa mengetahui hal-hal tertentu yang terkandung di dalamnya, baik itu perintah, larangan, kisah-kisah para terdahulu yang dapat anda ambil pelajarannya.

Al-Quran sendiri sebetulnya diturunkan untuk diikuti, dalam artian ia bukan hanya harus dibaca, melainkan dipahami dan dijalankan sebagai pedoman hidup.

Untuk melakukan itu, hal yang pertama harus dipelajari tentu saja ada memahami teks Al-Quran itu terlebih dahulu. Ini dikarenakan Al-Quran menggunakan bahasa Arab, berbeda dengan bahasa orang Indonesia sehari-hari.

Tips Belajar Al-Quran Pemula

Belajar membaca Al-Quran umumnya dilakukan sejak usia dini. Namun, karena satu dan lain hal terkadang orang melupakan itu dan baru mempunyai keinginan belajar Al-Quran ketika ia sudah berusia dewasa.

Hal ini tentu saja menimbulkan rasa malu di sebagian kalangan. Ini adalah hal yang harus dihilangkan karena belajar Al-Quran tidak mengenal batasan umur ataupun usia seseorang. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, ya kan?.

Nah, untuk anda yang sedang mempelajari bagaimana cara membaca Al-Quran, berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin bermanfaat bagi anda para penuntut ilmu sekalian. Semoga Allah mudahkan segala urusan anda.

  1. Mencari Guru

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk belajar Al Quran adalah mencari guru. Jika anda mempunyai uang lebih anda bisa mencari guru yang bisa mengajarkan membaca Al-Quran secara private.

Atau, anda bisa belajar Al-Quran pada orang-orang terdekat anda. Disini anda harus mengesampingkan ego dan rasa malu karena perasaan itulah yang biasanya sering muncul dalam benak seseorang.

Orang-orang yang berilmu umumnya akan senang jika ada orang yang mau belajar, apalagi belajar membaca Al-Quran. Asalkan anda berniat dan bersungguh-sungguh siapapun rasanya akan mau menjadi guru ngaji anda.

Adapun, sebagai tips mencari guru ngaji, anda bisa mencari atau meminta secara langsung pada orang-orang disekitar anda. Atau bisa juga anda melakukan post di grup media sosial seperti misalnya facebook.

Katakanlah anda ingin belajar ngaji, siapa kira-kira di grup tersebut yang bisa mengajari anda ngaji. Dari anggota grup siapa tahu anda mendapat informasi penting atau orang yang bisa mengajari anda mengaji.

  1. Belajar Secara Otodidak

Di jaman internet seperti sekarang ini segala informasi dan ilmu dapat anda dapatkan secara mudah, baik itu ilmu dunia ataupun ilmu-ilmu yang berhubungan dengan akhirat. Termasuk ilmu untuk mempelajari Al-Quran.

Anda bisa menonton di youtube tentang cara belajar membaca Al-Quran untuk pemula. Banyak channel-channel yang membahas khusus tentang ini. Anda bisa mencarinya dan menyesuaikan dengan video yang anda suka.

Namun, yang harus digaris bawahi, anda harus meniatkan untuk belajar secara otodidak untuk menguasai dasar-dasar mengaji saja. Sebaiknya di titik tertentu anda juga mencari guru mengaji.

Ini dikarenakan membaca Al-Quran membutuhkan latihan dan guru yang bisa membetulkan bacaan anda ketika anda salah, baik itu ketika salah dalam hal bacaan, harakat, huruf, tanda baca dan lain sebagainya.

  1. Latihan Dengan Huruf Latin

Salah satu hal yang menjadi kelebihan orang-orang yang hidup di era sekarang adalah banyaknya inovasi-inovasi untuk memudahkan anda belajar membaca Al-Quran, seperti misalnya Aplikasi Al Quran di bawah ini.

Anda bisa belajar membaca Al-Quran dimulai dengan membacanya dari huruf latin. Anda bisa mencoba belajar dari teks tersebut.

Previous Article

Leave a Reply

Your email address will not be published.